Blog Post

Simak 5 Contoh Soal Teks Anekdot Kelas X Ini Biar Ujian Bahasa Indonesia Lancar!
Serba-Serbi

Simak 5 Contoh Soal Teks Anekdot Kelas X Ini Biar Ujian Bahasa Indonesia Lancar!

Sudah baca artikel mengenai penjelasan materi teks anekdot kelas X belum? Kalau belum, coba klik link yang ada di bagian paling bawah laman ini ya. Nah, berhubungan dengan materi teks anekdot sebelumnya, kali ini ingin memberikan beberapa contoh soal teks anekdot kelas X yang bisa kalian ujicobakan sendiri. Nantinya, dengan membaca pembahasan contoh soal, berharap kamu bisa semakin paham mengenai materi teks anekdot. Penasaran seperti apa contoh soalnya? Kuy-lah, simak ulasannya berikut!

Contoh Soal Teks Anekdot Nomor 1

Pembahasan:

Pada contoh soal nomor satu tersebut, kalau kamu baca maka dapat dipahami bahwa pertanyaannya menyangkut pengertian sesuatu. Dalam teks soal dituliskan ‘Cerita lucu yang bertujuan mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum atau untuk melukiskan suatu sifat dengan ringan serta sarana untuk menyampaikan kritik terhadap sesuatu disebut.’

Untuk menjawabnya, kamu harus paham pengertian dari masing-masing pilihan jawaban. Teks novel secara sederhana memiliki pengertian karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita. Lalu, teks roman berpengertian cerita yang berisikan pengalaman hidup suatu tokoh dengan urutan kejadian yang bersambung dari satu hal ke lainnya. Sederhananya, roman biasanya menceritakan perjalanan hidup suatu tokoh dari ia lahir hingga meninggal.

Lalu, pengertian teks anekdot ialah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Kemudian, teks humor ialah teks yang berisi rangsangan yang cenderung secara spontan memancing tawa atau senyum para pembaca atau pendengar.

Dan, terakhir, teks cerpen ialah bentuk prosa yang menceritakan sebagian kecil dari kehidupan pelakunya yang terpenting dan paling menarik. Nah, dari penjelasan itu tentunya kamu sudah tahu bukan jawaban untuk soal tersebut?

Jawaban: 3

Contoh Soal Teks Anekdot Nomor 2

Pembahasan:

Soal tersebut pada dasarnya menyinggung perihal submateri struktur dari teks anekdot. Seperti yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya, struktur teks anekdot terdiri dari lima bagian, yakni abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.

Abstraksi itu merupakan bagian awal dari teks yang berfungsi memberikan gambaran secara jelas mengenai isi. Lumrahnya, bagian abstraksi menunjukkan hal unik yang terdapat di dalam teks. Bagian ini pada dasarnya bersifat opsional. Artinya, bisa ada dan juga bisa tidak.

Lalu, kedua orientasi ialah bagian yang berisikan latar belakang bagaimana peristiwa terjadi atau bagian yang menunjukkan awal kejadian. Kemudian, krisis merupakan bagian yang bertujuan menghibur dan tidak berisi orang penting.

Keempat, reaksi ialah bagian yang berisi cara penulis menyelesaikan masalah yang timbul di bagian krisis. Dan, kelima, koda ialah bagian akhir dari cerita unik.

Dari penjelasan itu, pastinya kamu sudah tahu jawabannya bukan?

Jawaban: 4

Contoh Soal Teks Anekdot Nomor 3

Pembahasan:

Contoh soal nomor tiga tersebut menyinggung soal perbedaan antara teks anekdot dengan teks humor. Pada dasarnya, ada beberapa hal yang amat membedakan teks anekdot dengan teks humor.

Pertama, anekdot itu bertujuan untuk menyindir seseorang, khususnya orang yang dianggap penting, seperti figur publik. Sedangkan, teks humor bertujuan untuk menghibur dan tidak berisikan sindirian kepada figur publik.

Perbedaan selanjutnya, dalam anekdot terdapat unsur kritikan sedangkan pada humor lumrahnya tidak berisi kritikan. Lalu, teks anekdot isinya terstruktur sedangkan humor tidak terstruktur. Tak kalah penting, pada teks anekdot biasanya terkandung pembelajaran atau nasihat sedangkan pada humor tidak ada. Dan, perbedaan terakhir ialah pada teks anekdot menggunakan bahasa yang sopan dan penulisan santun, sedangkan teks humor terkadang mengandung bahasa yang kurang sopan.

Dari penjabaran itu, kiranya jadi mudah untuk menjawab soal tersebut, ya kan? Yap, jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban nomor 4.

Jawaban: 4

Contoh Soal Teks Anekdot Nomor 4

Pembahasan:

Soal tersebut sudah merupakan soal berbentuk analisis struktur dari teks anekdot. Pada soal tersebut, kamu diharuskan bisa membuktikan bahwa pada bagian kedua (2) contoh teks pada soal masuk ke dalam bagian struktur anekdot yang mana.

Untuk dapat menjawabnya, kamu harus membaca soalnya dengan seksama. Kamu harus membaca bagian pertama (1) baru disambung ke bagian kedua (2). Dengan begitu, kamu sudah dapat menemukan jawabannya.

Kalau kamu cermat, bagian kedua itu adalah bagian dari reaksi. Jadi, jawaban yang tepat untuk soal tersebut ialah pilihan jawaban nomor 5.

Jawaban: 5

Contoh Soal Teks Anekdot Nomor 5

Pembahasan:

Sama seperti soal sebelumnya, pada contoh soal nomor lima juga kamu diharuskan menganalisis soalnya. Untuk itu, kamu harus mencermati bahasa soalnya. Coba cari bahasa sindiran yang ada di dalamnya.

Sindirian itu terlihat pada ujaran dari tokoh Kutu, yakni pada bagian ‘Aku tidak merasa capek dan aku harus melompat karena kalau aku tidak melompati orang, makananku akan habis karena aku harus memberi setiap orang yang kulewati.

Pada ujaran itu terlihat tokoh Kutu mengandaikan dirinya bila berjalan lurus maka ia harus memberi sedekah kepada siapapun yang ditemuinya. Sindirian tersebut pada dasarnya menyindir perilaku suap-menyuap.

Dengan membaca penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat ialah pilihan jawaban nomor 3.

Jawaban: 3